PEMBINAAN PEMBINAAN BUDAYA RELIGIUS DAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK ISLAMIC BOARING SCHOOL MAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Putri Arlindasari UIN Salatiga
  • Mufiq Mufiq UIN Salatiga
  • Badrus Zaman UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.47887/amd.v4i1.128

Keywords:

Budaya Religius, Sikap Integritas, Peserta Didik.

Abstract

This research aims to answer the questions that researchers found, namely 1). To find out about the development of religious culture. 2) To find out about fostering an attitude of integrity. 3). To analyze the supporting factors and inhibiting factors in fostering religious culture and an attitude of integrity in students at the Islamic Boarding School MAN Temanggung. Using descriptive qualitative research methods and used is field research. Research findings on the development of religious culture through the habit of creating a religious atmosphere. The form of achieving the development of an attitude of integrity is through coaching by the Islamic Boarding School management to student parents. Behind the success of fostering religious culture and an attitude of integrity, there are supporting factors.

References

Abdul, Jamal Nanang, Sri Fatmawati. (2021). Budaya Integritas Dalam Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 3 Metro. Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman: Jurna An-Nur. Vol.7, No. 2, 2021

Anggara Wisesa. (2011). Integritas Moral dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis. Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung: Jurnal Manajemen Teknologi. Vol. 10, No. 1, 2011

Annas, Annisa Nuraisyah. (2022). Transformasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding Di Era Disruptif. Pekalongan : PT. Nasya Expanding Management

Asmuni, Yusran.(1997). Dirasah Islamiyah I. Jakarta: Raja Grafindo Persada Depdikbud. (243). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Darmanto, Nur Basuki. (2019). Integritas Guru (Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan). Malang: Media Nusa Creative

Effendy, Dedy, Fahruddin, Muhammad Makki, dkk. (2022). Manajemen Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religus Peserta Didik Di MTs Mu’allimin NW Anjani Lombok Timur. Universitas Mataram : Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan. Vol. 6, No.9, 2022

Eprianti, Yuli, Yulpa Rabeta, dan Arif Octavian. (2020. Analisis Kinerja Petugas LembagaPermasyarakatan Narkotika Kelas II A Lubuklinggau. Universitas Bina Insan: Jurnal EMBA. Vol. 8, No. 4, 2020

Elvina, Sevtivia Asrivi Queen. (2014).

Hadi, Sutrisno. (2013). Metodologi Research. Yogyakarta: Ysbit Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Hasbullah. (2001). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta :Raja Grafindo Persada

Herdiansyah, Haris. (2012). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Social. Jakarta; Selemba Humanika

Herminanto, Winarno. (2011). Ilmu Sosial dalam Budaya Dasar. Jakarta :Bumi Aksara

Hernawati. ( 2021). Pemuda Generasi Emas Indonesia. Bogor: Guepedia

Hidayat, Ibrahim. (2021). Pembinaan Keagamaan dan Sikap Tawazun pada Masyarakat di Desa Ngasinan Kabupaten Kebumen. Skripsi Program Studi Agama Islam Universitas Islam Negeri Salatiga.

Izzah, Anifatul, Anwar Sa’dullah, dan Zukhriyan Zakaria. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Di Madrasah Ibtidaiyah Al- Fattah Kota Malang. JPMI : Jurnal Pendidikan Mmadrasah Ibtidaiyah. Vol. 2, No. 2, 2020

Jacobs, D.C. (2004). A Pragmatist Approach to Integrity in Business Ethics. Journal Of Management Inquiry. Vol. 13. Issue 3, 2004

Kahmad,Dandang. (2002). Sosiologi Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Koentjoroningrat. (1989). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seni

Krisnawati, Christina. (2017). Upaya MeningkatkanIntegritas dan Fokus dalam Penilaian Pembelajaran dengan Penggunaan Aplikasi E-Xam Cakra. Jurnal Ide Guru. Vol. 2, No.1, 2017

Maksudin. (2008). Pendidikan Nilai Sistem Bording School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Abubakar Yogyakarta, Disertasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Mohammad. (2016). Metode Penelitian Paraktis Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Publik Press

Musbikin, Imam. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Referensi pembelajaran untuk Guru dan Siswa SMA/MA. Yogyakarta: CV. Tirtabuana nusamedia

Peterson, C., Selignman, M.E. (2004). Integrity In Character Stregths and Virtues: A handbook and classification. pp. 249-271. Oxford University Press. Oxford

Pratama, Sandi, Afirudin Siraj, & Muh.Yusuf T. (2019). Pengaruh Budaya Religius dan Self Regulated Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No.2, 2019

Putra, K.S. (2017). Implementsi Pendidikan Agama Islam Melalui Buday Religius (Religious Culture) di Sekolah.

Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Paraktis Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Cendekia

Rejeki, Sri Prawani D, Jefri Herdiansyah. (2013). Memahami Sebuh Konsep Integritas. STIE Semarang: Jurnal STIE Semarang. Vol. 5, No. 3, 2013

Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan budaya religius di Sekolah ( Upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi). Malang: UIN Maliki Press

Sari, Buana & Santi Eka Ambaryani. (2021). Pembinaan Akhlak Pada Remaja. Bogor : Guepedia

Septiyuslianisa. (2014). Pembinaan Pegawai Dalam Pelaksanaan Tugas Di Biro Umum Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan FIP UNP

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sukandari, Mahilda Dea Komalasari, dan Ahmad Mabruri W. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD Melalui Buku Wayang Pandawa Bevisi Antikorupsi. Universitas PGRI Yogyakarta. Vol. 4, No. 1, 2018

Sumardiantara, Wahyu Kris AW. (2018). Mendidik Generasi Z dan A. Jakarta : PT. Grasindo

Sumarto, (2019). Budaya, Pemahaman, dan penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian, dan Teknologi. IAIN Curup: Jurnal Literasisosiologi. Vol. 1, No. 2, 2019

Suprapno. (2019). Budaya Religius Sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual). Malang: Literasi Nusantara

Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Syahri, Ahmad. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School ( Aanalisis Perspektif Multidisipliner). Malang: Literasi Nusantara

Tim Penulis Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:226

Tim Penulis Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2001). Kamus Pusat Bahasa. Jakarta:571

Tim Penulis. (2015). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan PPRI. Sekretariat Negara : Jakarta

Tim Penulis Al-Qur’an Al-Karim. (2017). Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: Cordoba

Tim penulis Kementerian Dinas Budaya dan Perhubungan (2017).

Umro, Jakaria. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. STIT PGRI Pasuruan: Jurnal Al-Ma’rifat, Vol.3, No. 2, 2018

Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara

Winarsih. (2019). Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara

Yusub, HI Fitriadi dkk. (2022). Ikhtiar membangun Gerakan Mahasiswa Sebuah Manifesto. Ponorogo:Uwais Inspirasi Indonesia

Yusuf, Juhaeti, Yetri. (2019). Himmah Spiritual Sebagai Alternatif Penegakan Disiplin Dalam Program Manajemen Peserta Didik. Lampung: CV. Gre Publishng

Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2000). SQ: Kecerdasan Spirtual, terj. Rahmani Astuti, et. al. Badung: mizan

Zaman, Badrus. (2017). Pembinan Karakter Siswa melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Tamaddun. Vol. 18, No. 12, 2017

Zanki, Harits Azmi. (2020). Penanaman Religous Culture (Budaya Religius) Di Lingkungan Madrasah. Indramayu: CV. Adanu Abimarta

Downloads

Published

2023-11-08