PEMBINAAN PEMBINAAN BUDAYA RELIGIUS DAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK ISLAMIC BOARING SCHOOL MAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.47887/amd.v4i1.128Keywords:
Budaya Religius, Sikap Integritas, Peserta Didik.Abstract
This research aims to answer the questions that researchers found, namely 1). To find out about the development of religious culture. 2) To find out about fostering an attitude of integrity. 3). To analyze the supporting factors and inhibiting factors in fostering religious culture and an attitude of integrity in students at the Islamic Boarding School MAN Temanggung. Using descriptive qualitative research methods and used is field research. Research findings on the development of religious culture through the habit of creating a religious atmosphere. The form of achieving the development of an attitude of integrity is through coaching by the Islamic Boarding School management to student parents. Behind the success of fostering religious culture and an attitude of integrity, there are supporting factors.
References
Abdul, Jamal Nanang, Sri Fatmawati. (2021). Budaya Integritas Dalam Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 3 Metro. Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman: Jurna An-Nur. Vol.7, No. 2, 2021
Anggara Wisesa. (2011). Integritas Moral dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis. Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung: Jurnal Manajemen Teknologi. Vol. 10, No. 1, 2011
Annas, Annisa Nuraisyah. (2022). Transformasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding Di Era Disruptif. Pekalongan : PT. Nasya Expanding Management
Asmuni, Yusran.(1997). Dirasah Islamiyah I. Jakarta: Raja Grafindo Persada Depdikbud. (243). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Darmanto, Nur Basuki. (2019). Integritas Guru (Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan). Malang: Media Nusa Creative
Effendy, Dedy, Fahruddin, Muhammad Makki, dkk. (2022). Manajemen Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religus Peserta Didik Di MTs Mu’allimin NW Anjani Lombok Timur. Universitas Mataram : Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan. Vol. 6, No.9, 2022
Eprianti, Yuli, Yulpa Rabeta, dan Arif Octavian. (2020. Analisis Kinerja Petugas LembagaPermasyarakatan Narkotika Kelas II A Lubuklinggau. Universitas Bina Insan: Jurnal EMBA. Vol. 8, No. 4, 2020
Elvina, Sevtivia Asrivi Queen. (2014).
Hadi, Sutrisno. (2013). Metodologi Research. Yogyakarta: Ysbit Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Hasbullah. (2001). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta :Raja Grafindo Persada
Herdiansyah, Haris. (2012). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Social. Jakarta; Selemba Humanika
Herminanto, Winarno. (2011). Ilmu Sosial dalam Budaya Dasar. Jakarta :Bumi Aksara
Hernawati. ( 2021). Pemuda Generasi Emas Indonesia. Bogor: Guepedia
Hidayat, Ibrahim. (2021). Pembinaan Keagamaan dan Sikap Tawazun pada Masyarakat di Desa Ngasinan Kabupaten Kebumen. Skripsi Program Studi Agama Islam Universitas Islam Negeri Salatiga.
Izzah, Anifatul, Anwar Sa’dullah, dan Zukhriyan Zakaria. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Di Madrasah Ibtidaiyah Al- Fattah Kota Malang. JPMI : Jurnal Pendidikan Mmadrasah Ibtidaiyah. Vol. 2, No. 2, 2020
Jacobs, D.C. (2004). A Pragmatist Approach to Integrity in Business Ethics. Journal Of Management Inquiry. Vol. 13. Issue 3, 2004
Kahmad,Dandang. (2002). Sosiologi Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Koentjoroningrat. (1989). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seni
Krisnawati, Christina. (2017). Upaya MeningkatkanIntegritas dan Fokus dalam Penilaian Pembelajaran dengan Penggunaan Aplikasi E-Xam Cakra. Jurnal Ide Guru. Vol. 2, No.1, 2017
Maksudin. (2008). Pendidikan Nilai Sistem Bording School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Abubakar Yogyakarta, Disertasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyadi, Mohammad. (2016). Metode Penelitian Paraktis Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Publik Press
Musbikin, Imam. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Referensi pembelajaran untuk Guru dan Siswa SMA/MA. Yogyakarta: CV. Tirtabuana nusamedia
Peterson, C., Selignman, M.E. (2004). Integrity In Character Stregths and Virtues: A handbook and classification. pp. 249-271. Oxford University Press. Oxford
Pratama, Sandi, Afirudin Siraj, & Muh.Yusuf T. (2019). Pengaruh Budaya Religius dan Self Regulated Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No.2, 2019
Putra, K.S. (2017). Implementsi Pendidikan Agama Islam Melalui Buday Religius (Religious Culture) di Sekolah.
Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Paraktis Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Cendekia
Rejeki, Sri Prawani D, Jefri Herdiansyah. (2013). Memahami Sebuh Konsep Integritas. STIE Semarang: Jurnal STIE Semarang. Vol. 5, No. 3, 2013
Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan budaya religius di Sekolah ( Upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi). Malang: UIN Maliki Press
Sari, Buana & Santi Eka Ambaryani. (2021). Pembinaan Akhlak Pada Remaja. Bogor : Guepedia
Septiyuslianisa. (2014). Pembinaan Pegawai Dalam Pelaksanaan Tugas Di Biro Umum Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan FIP UNP
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sukandari, Mahilda Dea Komalasari, dan Ahmad Mabruri W. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD Melalui Buku Wayang Pandawa Bevisi Antikorupsi. Universitas PGRI Yogyakarta. Vol. 4, No. 1, 2018
Sumardiantara, Wahyu Kris AW. (2018). Mendidik Generasi Z dan A. Jakarta : PT. Grasindo
Sumarto, (2019). Budaya, Pemahaman, dan penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian, dan Teknologi. IAIN Curup: Jurnal Literasisosiologi. Vol. 1, No. 2, 2019
Suprapno. (2019). Budaya Religius Sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual). Malang: Literasi Nusantara
Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Syahri, Ahmad. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School ( Aanalisis Perspektif Multidisipliner). Malang: Literasi Nusantara
Tim Penulis Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:226
Tim Penulis Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2001). Kamus Pusat Bahasa. Jakarta:571
Tim Penulis. (2015). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan PPRI. Sekretariat Negara : Jakarta
Tim Penulis Al-Qur’an Al-Karim. (2017). Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: Cordoba
Tim penulis Kementerian Dinas Budaya dan Perhubungan (2017).
Umro, Jakaria. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. STIT PGRI Pasuruan: Jurnal Al-Ma’rifat, Vol.3, No. 2, 2018
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara
Winarsih. (2019). Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara
Yusub, HI Fitriadi dkk. (2022). Ikhtiar membangun Gerakan Mahasiswa Sebuah Manifesto. Ponorogo:Uwais Inspirasi Indonesia
Yusuf, Juhaeti, Yetri. (2019). Himmah Spiritual Sebagai Alternatif Penegakan Disiplin Dalam Program Manajemen Peserta Didik. Lampung: CV. Gre Publishng
Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2000). SQ: Kecerdasan Spirtual, terj. Rahmani Astuti, et. al. Badung: mizan
Zaman, Badrus. (2017). Pembinan Karakter Siswa melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Tamaddun. Vol. 18, No. 12, 2017
Zanki, Harits Azmi. (2020). Penanaman Religous Culture (Budaya Religius) Di Lingkungan Madrasah. Indramayu: CV. Adanu Abimarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.